Wednesday, March 14, 2012

RUBAH MINDSET (POLA PIKIR)

Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Sungguh betapa kita sangat menginginkan hidup ini sejalan dengan apa yang kita harapkan. Karir ingin sukses, istri ingin cantik dan pintar, tempat tinggal ingin mewah, keluarga ingin sakinah, harta ingin melimpah, dan seterusnya.

Sayangnya pola pikir kita seringkali justru tidak menuju ke arah sana. Ketika di tempat kerja kita ada rekan kerja yang lebih dipercaya oleh atasan, kita justru mencibir dan iri tanpa berusaha untuk bersaing secara sportif. Atau ada rekan kerja yang kerjanya tak seberapa tapi carmuk (cari muka) nya rajin, kita malah jadi tidak bersemangat dalam bekerja sehingga mengganggu produktifitas dan kreatifitas kita. Management perusahaan yang kurang bagus, sering kita jadikan kambing hitam atas karir kita yang tidak kunjung membaik. Di tugaskan ke pelosok desa terpencil, kita menganggapnya sebagai hukuman atas ketidak mampuan kita. Jadi setiap apapun yang kita dapatkan dan rasakan, seakan-akan semuanya memojokkan diri kita dan menjadikan kita sebagai korbannya.

Mindset (Pola Pikir) adalah sangat berperan dalam kasus di atas. Dan jika Mindset kita, kita atur dan kita tata serta kita fokuskan kepada yang negatif, maka
hasilnya akan sama seperti cerita di atas. Tapi jika mindset kita diatur dan ditata serta difokuskan kepada yang positif, maka Insya Allah hasilnya akan sebaliknya.

Ketika kita dapati rekan kerja yang menonjol dan sangat dipercaya oleh atasan kita, jangan mencibir bahkan membencinya. Belajarlah padanya, karena jika kita sebagai atasan, pasti akan sangat senang dan sayang kepada bawahan yang dapat diandalkan. Lalu ketika kita harus bekerja dengan rekan yang suka carmuk (cari muka), jangan biarkan dia menjadi penghambat kesuksesan kita, teruslah bekerja dengan penuh semangat dan sepenuh hati, karena apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai. Dan ketika Management perusahaan dimana kita bekerja kurang baik, kita tetap harus bergerak maju dan kalau bisa, justru kita menjadi karyawan yang bisa merubah atau meningkatkan management perusahaan tersebut menjadi lebih baik. Begitu juga ketika kita ditugaskan ke tempat yang sangat terpencil, yang jauh dari kota dimana biasa kita bekerja, jangan selalu menganggap itu sebagai hukuman. Bisa jadi perusahaan ingin melihat kesungguhan dan dedikasi kita dalam bekerja. Kalau pun itu memang adalah hukuman, kita ambil hikmahnya dan kita harus bisa bangkit serta membuktikan diri bahwa kita bisa lebih baik dari sebelumnya. Camkan dalam benak kita bahwa “KEGAGALAN adalah KESUKSESAN YANG TERTUNDA”.

Ada sebuah cerita yang bisa mengilustrasikan bagaimana Mindset itu berperan dalam melahirkan keputusan yang kita ambil.
Alkisah, Ada seekor kucing dan tikus, atau bisa kita panggil dengan Tom dan Jerry. Ketika mereka bermain dan menemukan sebuah bangunan besar, keduanya sama-sama berhenti. Pandangan Tom terfokus kepada tulisan “Awas Ada Anjing Galak” yang terpaku pada pintu bangunan tersebut. Sedangkan pandangan Jerry justru terfokus kepada keset yang bertuliskan “Welcome”. Karena Tom sangatlah takut kepada anjing, maka dia akhinya kembali. Sedangkan Jerry, dia masuk ke dalam bangunan tersebut karena merasa dipersilahkan.

Dari ilustrasi tersebut, jelaslah bahwa fokus pandangan kita sangat berpengaruh terhadap setiap langkah dan keputusan yang kita ambil. Jika kita fokuskan Mindset kita dengan input yang positif, maka Insya Allah hasilnya pun akan positif, dan hambatan sebesar apapun akan mampu kita lewati.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment