Saturday, March 10, 2012

BERPIKIR POSITIF

Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

"Anda adalah apa yang Anda pikirkan", seorang bijak mengatakan demikian. Itu berarti, ketika kita berpikir positif maka kita adalah orang yang positif. Dan sebaliknya, ketika kita berpikiran negatif, maka kita akan dicap negatif oleh orang lain.

Mari kita coba ambil contoh dari Madu, dimana Madu ini dihasilkan oleh seekor Lebah. Setiap hari lebah tersebut berkeliling mencari bunga untuk menghisap sari-sarinya yang masih segar dan bagus. Dan dari sari-sari yang dihisapnya tersebut, dia akan menghasilkan Madu yang bermanfaat bagi dirinya, bagi manusia, menyehatkan, menyembuhkan, memperbaiki kulit dan berbagai hal lainnya.

Dengan kata lain, kalau inputnya yang bagus-bagus, positif-positif maka hasilnya juga akan jauh lebih bagus, jauh lebih positif. Kalau kita


terbiasa mengambil input, cara berpikir, cara bertindak dengan positif, masukan yang disimpan di pikiran kita yang positif, disimpan di hati juga yang bagus-bagus seperti sari bunga tadi, maka akan terlahirlah pribadi yang seperti Madu. Cemerlang, manfaat, jadi obat, jadi penerang orang yang berada pada kegelapan, penyemangat bagi orang-orang yang lunglai, menumbuhkan bibit-bibit kebajikan serta menebar bibit-bibit kemuliaan.

Ketika kita di-PHK sebagai seorang karyawan, atau mendapatkan nilai buruk pada mata kuliah kita, atau bisnis yang tak kunjung ada hasil. Jangan langsung berpikir negatif karena hal tersebut hanya akan membuat kita lemah, tak bergairah dan pesimistis. Bangunlah dari keadaan yang tidak kita harapkan tersebut dengan berpikir positif. Kita harus yakin, bahwa PHK bukanlah akhir dari karir kita. Nilai mata kuliah buruk, juga bukan akhir dari kuliah kita. Pun demikian dengan bisnis yang tak kunjung memberikan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan, itu juga bukanlah akhir dari hidup kita. Dengan kesungguhan belajar dan menambah pengetahuan serta introspeksi diri, Insya Allah kita akan mampu bangkit dan mendapatkan keadaan yang lebih baik dari sebelumnya.

"You can if you think you can...". Kamu pasti bisa jika kamu berpikir bahwa kamu bisa.

Sahabatku, mudah-mudahan kita bisa mengambil hikmah dari cerita Madu di atas, yang mampu memberikan banyak manfaat karena dihasilkan dari asupan yang baik-baik dan positif-positif. Dan semoga kita pun bisa menjadi pribadi-pribadi yang memberikan dampak positif bagi diri sendiri, keluarga, sahabat maupun orang lain.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment