Tuesday, June 12, 2012

SELALU ADA HIKMAH DIBALIK MUSIBAH


Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Sebuah kapal penumpang karam di lautan dan hanya satu orang pria yang bisa selamat dan terdampar di pulau kosong. Pria tersebut berdo'a kepada Tuhan supaya berkenan menyelamatkannya. Setiap hari ia memandang ke laut dan berteriak minta tolong, tetapi sayangnya tak ada satu pun kapal yang terlihat dan menghampiri. Kemudia dia mulai mendirikan sebuah gubuk kecil untuk berlindung dari panas, hujan dan binantang buas.

Akan tetapi, suatu hari setelah pulang dari mengumpulkan makanan, ia melihat gubuknya terbakar habis akibat tersambar api unggun. Semua barangnya habis dilahap api, asap akibat gubuk yang terbakar itu membumbung tinggi ke langit. Dalam keadaan sangat sedih, marah, dan ketakutan yang hebat, pria iu berteriak kepada Tuhan, “Mengapa ini terjadi? Mengapa Kau lakukan ini padaku?”

Keesokan paginya ia terbangun dan dikejutkan oleh suara yang sangat keras. Ternyata ada sebuah kapal yang berlabuh dan hendak menyelamatkan dirinya. Dia bertanya, “Bagaimana kalian tahu aku ada disini?” Salah satu awak kapal tersebut menjawab, “Kemarin, kami melihat tanda asap yang kau kirimkan, jadi kami pun mendatangi pulai ini.”

Ternyata musibah kebakaran yang ia alami malah menjadi tanda penyelamat baginya.

Saudaraku, dalam hidup ini kita tidak akan selalu menjalani seluruh episode hidup kita sesuai dengan yang kita harapkan. Terkadang kebahagiaan yang kita minta akan kita dapatkan dengan diselingi oleh sesuatu hal yang tidak kita harapkan. Namun satu hal yang pasti, selama kita mensyukuri setiap episode hidup ini, insya Allah semuanya akan terasa indah meskipun itu adalah musibah.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment