Friday, March 2, 2012

Kisah Inspiratif dari Kura Kura dan Kancil Bag. 2

Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Ini adalah lanjutan dari "Kisah Inspiratif dari Kura Kura dan Kancil Bag. 1".

Alkisah, kali ini sang Kancil dan Kura-kura menjadi bersahabat, dan mulai memikirkan solusi masalah bersama-sama. Keduanya sadar bahwa lomba yang terakhir bisa dilakukan dengan jauh lebih baik. Jadi mereka memutuskan untuk melakukan perlombaan lagi, hanya kali ini mereka berlari dalam satu team.

Mereka mulai berlari. Awalnya sang Kancil menggendong Kura-kura sampai ke tepi sungai, kemudian
setelah itu giliran Kura-kura yang menggendong Kancil untuk menyeberangi sungai. Di seberang satunya, Kancil mulai menggendong Kura-kura lagi sampa ke garis finish. Sesampainya di garis finish, keduanya merasa puas karena berhasil tiba dengan waktu yang jauh lebih cepat dari lomba sebelumnya.

Maksud cerita ini adalah, Bagus menjadi orang yang brilian dan mempunyai kompetensi inti yang kuat, akan tetapi tanpa bisa bekerjasama dalam suatu team dan menjalin masing-masing kompetensi inti, hasilnya tidak akan maksimal, karena selalu ada situasi dimana anda berkinerja kurang, sedangkan rekan lainnya lebih baik.

Kerjasama adalah masalah kepemimpinan yang sesuai dengan situasi, yaitu dengan memberikan kesempatan kepada seseorang yang memiliki kompetensi inti yang sesuai dengan situasi untuk mengambil alih kepemimpinan.

Catat bahwa, baik Kancil maupun Kura-kura tidak pernah menyerah setelah mengalami kegagalan. Bahkan sang Kancil berkerja lebih keras setelah kegagalannya. Sedangkan Kura-kura mengubah strateginya, karena dia sudah berusaha sekuat tenaga.

Dalam hidup, kalau kita mengahadapi kegagalan, terkadang bisa diatasi dengan bekerja lebih keras dan menambah usaha dan terkadang akan lebih cocok untuk mengubah strategi dan melakukan sesuatu yang berbeda tapi terkadang lebih cocok melakukan keduanya.

Keduanya juga belajar sesuatu pelajaran yang sangat penting. Kalau kita berhenti berkompetisi dengan saingan kita, lalu mulai berkompetisi dengan situasi, kita akan bisa mendapatkan kinerja yang jauh lebih baik.

Ringkasnya, cerita ini mengajarkan banyak hal kepada kita. Diantaranya adalah :
-  Bahwa cepat dan konsisten akan selalu lebih baik daripada lambat dan konsiten.
-  Berperanlah pada kompetensi inti.
-  Kumpulkan kekuatan dan bekerja di dalam team, akan selalu mengalahkan jagoan individu.
-  Jangan pernah menyerah kalau gagal.
-  Dan akhirnya, bersainglah melawan situasi, jangan melawan pesaing.

Disadur dari : Lead Pro Management Consulting


Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment