Wednesday, March 28, 2012

Membangkitkan Semangat Dalam Diri


Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Sering kali kita menjalani hidup ini tanpa adanya semangat, sehingga segala aktivitas yang kita lakukan menjadi kurang bergairah. Tapi terkadang juga kita memiliki semangat yang begitu dahsyat, sehingga hidup ini terasa mudah dan menyenangkan.

Karakter dari semangat itu adalah tidak tetap atau dengan kata lain dia bersifat dinamis. Terkadang bertambah dan terkadang juga berkurang. Pada saat dia bertambah, rintangan, masalah dan aktivitas seberat apapun terasa mudah untuk dilakukan. Tapi sebaliknya, ketika dia berkurang, hal-hal yang mudah sekalipun seringkali terasa sulit untuk dikerjakan.

Sahabatku, jika kita renungkan dan pikirkan, ternyata SEMANGAT itu terlahir dari sebuah MOTIVASI. Ketika kita memiliki Motivasi maka secara otomatis Semangat itu akan hadir dalam diri kita dan akan membuat kita bergairah dalam beraktivitas. Adapun Motivasi itu ada, jika kita memiliki sebuah HARAPAN dan IMPIAN yang ingin kita capai.

Kita ambil contoh, Ketika kita menyukai seseorang dan kita memimpikan dia menjadi pasangan kita, maka tanpa kita sadari, timbullah motivasi dalam diri kita untuk melakukan apa yang dia sukai atau ingin diri kita ini terlihat sempurna di matanya. Akhirnya, kebiasaan buruk kita berubah menjadi baik. Yang tadinya suka datang ke kelas terlambat, kini sudah tidak terjadi lagi, bahkan bisa lebih awal dari yang lainnya. Kalau biasanya kerja ogah-ogahan, kini semangatnya melebihi rekan-rekan kerja di kantornya. Yang tadinya perokok, bisa jadi berkurang bahkan berhenti dari kebiasaannya tersebut. Yang biasanya berpenampilan cuek alias semaunya, mau kucel ke, mau bau ke, pokoknya gak peduli; tiba-tiba menjadi rapih dan wangi. Semua itu dapat terjadi karena adanya Impian dan Harapan. Dan coba bayangkan, jika Impian dan Harapan itu sirna? Ternyata dia yang kita harapkan menjadi pasangan kita, tidaklah memiliki perasaan yang sama sehingga dia menolak ketika kita utarakan isi hati kita. Akhirnya, semangat kita pun menjadi berkurang, motivasi kita pun hilang, sehingga aktivitas kita pun mejadi tidak produktif.

Seperti itulah wujud dari sebuah semangat. Jika kita tidak pandai-pandai mengelola Motivasi kita, maka akan sering sekali kita menjalani hidup ini penuh dengan kebosanan. Oleh karena itu, mari kita bangkitkan Motivasi dalam diri kita dengan mimiliki sebuah  HARAPAN dan IMPIAN.

Jika saat ini kita sedang tidak bersemangat dalam belajar, coba tanyakan pada diri kita, apa Impian dan Harapan kita dari proses belajar ini. Jika impiannya hanya sekedar ingin lulus saja, atau hanya mengisi waktu, atau karena terpaksa oleh keinginan orang tua kita, maka tidaklah heran jika kita tidak memiliki semangat dalam belajar. Tapi jika kita berharap dan bermimpi untuk menjadi Pelajar yang berprestasi, membuat bangga orang tua, maka sudah dipastikan kita akan lebih bersemangat dalam belajar. Itulah kekuatan dari sebuah Impian dan Harapan.

Atau kita merasa pekerjaan yang kita lakukan sekarang ini sangatlah membosankan bahkan mejadi beban, coba dicek lagi Harapan dan Impiannya. Boleh jadi rasa itu timbul karena kita tidak memiliki Harapan dan Impian, kalau pun ada, mungkin Harapan dan Impian kitanya kurang tepat sehingga tidak menimbulkan Motivasi dan Semangat kepada kita.

Akhir kata, dalam hidup ini kita semua membutuhkan SEMANGAT dan MOTIVASI dalam menjalani setiap aktivitas kita. Itu artinya, mau tidak mau, kita harus memiliki sebuah HARAPAN dan IMPIAN agar SEMANGAT dan MOTIVASI itu selalu menghiasi langkah kita. Jangan pernah takut untuk bermimpi, karena dengan IMPIAN itulah kita hidup.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment