Tuesday, March 13, 2012

JANGAN TERLENA DENGAN KENYAMANAN

Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Sudah bukan rahasia lagi, jika kita merasa nyaman, maka kita lebih cenderung santai dengan menikmati kenyamanan tersebut. Bekerja di tempat yang nyaman, dengan penghasilan yang cukup baik, tekanan kerja tidak terlalu besar, rekan-rekan kerja mendukung, dan iklim kerja sangat kondusif. Setiap hari, yang penting datang ke kantor, mengerjakan berbagai pekerjaan rutin yang tidak terlalu berat. Istirahat update status di Facebook, Twitter, browsing, chatting sama teman-teman di tempat lain. Menunggu sore hari datang, lalu mengisi absen dan pulang. Begitu seterusnya setiap hari dilakukan. Ini adalah kenyamanan yang sering membuat kita lalai, kenyamanan yang sering membuat kita lupa bahwa sebenarnya kita mempunyai potensi yang lebih besar yang bisa dikembangkan.

Bukan hanya potensi besar yang mungkin terlupakan. Kenyamanan akan melenakan kita untuk terus memperbaiki diri, seakan-akan kita sudah memiliki semuanya. Akibatnya, kita bermalas-malasan untuk kembali belajar.

Ada cerita menarik tentang seekor katak yang direbus. Jika kita masukkan ke dalam air yang panas,
seekor katak akan segera mencari cara untuk bisa meloncat keluar menghindari air panas tersebut. Tetapi, jika kita rebus mulai dari air dingin, katak itu tidak akan merasa bahwa ia sedang direbus. Ia akan tetap diam di tempat saat api mulai panas, hingga akhirnya ia mati di air panas itu.

Cerita tentang katak tersebut barangkali menggambarkan keadaan kita sekarang ini. Karena sudah merasa nyaman dengan keadaan yang ada sekarang, kita lupa mengembangkan diri lebih lanjut. Akibatnya, alih-alih berkembang, keadaan kita menjadi statis, tidak ada kemajuan, dan jalan di tempat.

Sebenarnya tidak ada masalah dengan kenyamanan tersebut. Namun jika kita terlena, maka kita tidak akan bisa lebih sukses lagi dari keadaan kita sekarang.

Saudaraku, mari kita mencoba jujur kepada diri sendiri. Apakah kita sedang terlena dengan keadaan sekarang, atau kita memang tidak punya harapan untuk mendulang sukses yang lebih baik? Apapun jawabannya, mari kita berusaha untuk terus memperbaiki diri, menambah ilmu, mengembangkan kemampuan dan keterampilan, serta memelihara semangat hidup kita, sehingga kita tidak akan pernah terlena oleh zona nyaman yang kita dapatkan dan kelak kita bisa meraih sukses yang lebih baik.

Semoga bermanfaat! 

No comments:

Post a Comment